CHERUMU.COM

Berhati-hatilah Dengan Lisanmu

8 Nov 2016 - 08:36 WIB
Motivasi /   Maschun Sofwan 0 Comments

Seperti perkataan yang mungkin pernah anda dengar ini “ Mulutmu Harimaumu” yang mengandung arti jika dalam kita bertutur sapa maka harus hati-hati dalam menggunakan lisan kita karena lisan bisa membuat kita celaka baik bagimu sendiri maupun orang lain. Karena lisan dapat menghancurkan dan menimbulkan perpecahan antar kita. Mungkin menurutmu lisan yang kau ucapkan tak berefek buruk kepada orang lain namun tanpa kau sadari kau telah melukai hati orang lain dan telah membuat keresahan dalam lingkungan tempat dimana kau bernaung. Berhati-hatilah dalam kau mengungkapkan sesuatu dalam harimu karena bisa jadi ucapanmu bisa menjadi sandungan dalam hidupmu dan bisa membunuh gerak langkahmu saat ini.

Lisan mungkin hanya urusan sepele namun efeknya begitu besar bahkan dapat menghancurkan sebuah negeri karena hanya sebuah ucapan. Kita diberi akal dan pikiran yang sehat anugerah dari tuhan untuk digunakan dengan baik dan agar kita bisa mengontrol diri dengan baik dengan akal sehat tersebut. Kita diberi hati agar kita dapat merasa apakah itu baik bagi kita atau buruk bagi hidup kita. Tak perlu kau mendahului emosi karena emosi sangat dekat dengan kehancuran dan kaum yang telah dibenci oleh tuhanmu.

Bila saat emosi itu datang maka lebih baik diam jika itu lebih baik dari kau bicara, karena pada saat kau sedang emosi maka kau tak lagi menggunakan pikiran akal dan hatimu untuk kau berucap, yang ada hanya caci maka yang buruk keluar dari mulutmu. Kita ini manusia yang begitu sempurna tuhan ciptakan daripada kaum setelah kita. Kita diberi akal dan perasaan untuk kita berlaku termasuk dalam berutur sapa dan jangan jadikan lisan ini senjata untuk kau berbuat seenaknya saja dalam kau melewati waktumu didunia ini. Hanya karena sebuah keadaan yang sulit untuk kau bernafas, hanya karena sebuah tujuan kau berjalan, Hanya karena sebuah misimu saja kau mengeluarkan lisanmu dengan berbagai alasan dan berutur sapa itu ini tanpa kau memahami arti dari lisan yang kau ucapkan itu.

Tak perlu kau berucapa seperti itu jika hanya membuat dirimu menderita karena lisanmu nantinya, jangan bicara jika itu tak baik bagi lingkunganmu dan jangan berutur sapa jika itu hanya ingin menyampaikan sesuatu yang dapat mengundang kecemasan dlaam hidupmu dan lingkunganmu. Bijaklah dalam menggunakan lisanmu agar hidupmu aman, nyaman dalam kau melewati harimu. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   motivasi /