CHERUMU.COM

10 November, Tidak Tau Atau Memang Dilupakan?

10 Nov 2016 - 09:02 WIB
Peristiwa /   Maschun Sofwan 0 Comments

Pagi-pagi masuk kantor dan tak segaja bertanyalah seorang teman tentang para prajurit yang sedang melakukan upcara didepan kantor yang kebetulan kantor saya berada di depan gedung bersejarah indonesia yaitu gedung perintis kemerdekaan yang biasa disebut dengan patung tugu proklamasi. Terlihat jelas dengan berpakaian rapi dengan seragam kebanggaan tentra RI, mereka dengan suara lantang melakukan upcara dan terlihat jelas begitu semangat mereka melakukan seperti semangat yang dilakukan oleh bung Tomo Kala itu menyemangati pemuda pemudi bangsa indonesia untuk melawan para penjajah negeri ini dan alhasil negeri ini mampu mempertahankan kemerdekaannya hingga detik ini yang kita rasakan. Namun sebagai pertanyaannya, teman kantor saya malah bertanya, sedang apa mereka melakukan upacara tersebut, ada dengan hari ini banyak orang melakukan upcara?. Melihat keadaan tersebut jelas jika para pemuda pemudi indonesia tak mengerti cukup banyak mengerti akan perjuangan para pahlawan bangsa indonesia yang jelas mereka telah berjasa membuat kita merasakan kemerdekaan seperti saat ini.

Jika keadaan telah menjadi seperti ini ya wajar jika generasi bangsa ini tidak tertanam dalam dirinya jiwa seorang pahlawan, mereka terhanyut dalam diri yang malas dan tidak mau berjuang untuk hidup lebih baik dan menghargai orang lain seperti menghargai jasa para pahlawannya. Hal ini sebagai contoh kecil saja, mungkin diluar sana masih banyak dari para pemuda pemudi indonesia yang tidak paham dan mengerti akan arit hari bersejarah untuk bangsa indonesia ini. mereka beranggapan itu masa lalu dan masa yang tidak penting bagi mereka dan mereka beranggapan kemerdekaan indonesia itu datang begitu saja tanpa jasa dari para pahlawan. keadaan ini tentunya sangat memperhatinkan generasi bangsa ini dimana seharusnya mereka belajar banyak dari perjuangan dari para pahlawan karena didalam perjuangan tersebut tertanam rasa menghargai orang lain, rasa toleransi dan satu kesatuan yang kuat dan tak seperti saat ini mereka saling menjatuhkan dan saling bersaing tanpa menyadari jika kita telah berjuang pada keadaan yang salah hanya sebauh jabatan dan kelompok saja tanpa menghiraukan kemajuan negeri ini.

Kenyataan itu sangat terlihat saat ini dimana negeri ini dalam keadaan saling salah menyalahkan satu kelompok dengan yang lain dan sangat jauh dari rasa satu dalam kesatuan semangat juang seperti para pemuda pemudi saat negeri ini dijajah oleh para penjajah. Dengan adanya hari ini 10 November, mari kita buka lagi sejarah bangsa ini dan bagaimana efek baiknya kepada diri kita dan bangsa ini.

Selamat hari Pahlawan Indonesia yang ke 71, Merdeka!.


TAGS   peristiwa /


Hot Posting

Hot Comment