Cherumu.com

Berkicau Di Medsos Boleh, Namun Jagalah Kicauanmu Dengan Baik

25 Jan 2017 - 10:10 WIB
lifestyle /   Maschun Sofwan 0 Comments
<

Berbagai kasus dan isu yang terjadi saat ini tak dapat dipungkiri bermula dari media sosial hingga berakhir di meja perdebatan, didepan hakim hingga berbuntut didalam jeruji besi. Bukan saja secara pribadi namun juga merambak pada dunia politik hingga menuai polemik yang tak berujung dengan damai malahan menjadi tempat untuk saling hujat menghujat, salah menyalahkan dan saling lempar handuk kesana kemari untuk menjadi pemenang dan mencari kesalahan orang lain. Jika sudah seperti ini keadaannya, semua orang akan saling bertanya dan menanyakan, kenapa bisa menjadi seperti ini, kenapa kita menjadi negeri yang sangat jauh dari kata damai dan berusaha untuk mendamaikan padahal kita ini bersaudara katanya, namun kenapa semboyan itu hanya tertulis diruang publik saja, pada kenyataannya kita sangat jauh dari kata rukun nan damai.

Jangan berkicau karena hanya kau ingin terkenal, dikenal bahkan ingin dipandang sebagai orang yang care dengan keadaan negeri kita saat ini. Jika kicauanmu hanya akan menambah keadaan semakin buruk, ya janganlah seperti itu. Jika ingin berkicau, berkicaulah dengan bijak dengan menggunakan kata-kata yang baik dan tidak menyudutkan, meyinggung bahkan menghina suatu golongan atau orang lain karena itu bisa menjadi petaka bagimu nantinya. Berkicau tak harus menggunakan emosi, tak harus menggunakan amarah dalam dirimu untuk menghujat suatu kebijakan yang kau nilai kurang baik, namun berkicaulah dengan memberikan masukan, motivasi agar perlahan mampu menyerap perhatian jika kicauanmu bisa berdampak baik dalam situasi dan kondisi Negeri kita saat ini. Jika memang itu tak pantas kau kicaukan dalam akun media sosialmu, ya lebih baik tahan emosimu untuk menuliskannya.

Jika itu kau rasa kurang baik dan tak sewajarnya ada didalam akunmu, maka lebih baik kau diam saja, itu lebih baik bukan untuk mengurangi dampak negatif dari masalah yang sedang dihadapi negeri kita saat ini. Jangan menambah keadaan semakin buruk, kau bilang hanya ingin menyampaikan pendapatmu, namun pada kenyataannya kau malah membuat sebuah status yang mengandung kata benci, memberi berita hoax dengan menggunakan situasi dan konidisi saat ini kau berkata tanpa mengenal diri hingga kau terseret dalam keadaan yang sama.


TAGS   lifestyle /