Cherumu.com

Masa Muda Menanam, Menuai Bahagia Di Hari Tua

27 Jan 2017 - 10:27 WIB
pensiun /   Maschun Sofwan 0 Comments

Masa Muda Menanam, Menuai Bahagia Di Hari Tua - Kehidupan manusia dimuka bumi ini bukanlah sebuah keabadian yang terus menerus akan berlabuh pada waktu yang sama, rasa yang sama, situasi kondisi yang sama dan usia yang sama. Perlahan tapi pasti, perputaran waktu akan membawa kita ke dalam sebuah masa yang berbeda dimana saat ini kau masih muda tanpa kau sadari kau sudah memasuki masa tua. Untuk itu, sebelum masa tua itu datang menghampiri kita, maka gunakan masa muda dengan baik, menggunakan waktu muda dengan hal yang berguna dan bermanfaat baik agar masa tua nanti dapat kita nikmati penuh bahagia bersama orang-orang tercinta.


www.sbs.com.au

Memang tak semua dapat kita lakukan dengan baik di masa muda ini mungkin karena sebuah keadaan yang sulit, situasi yang sulit untuk dapat memenuhi hasrat menuju impian masa tua yang bahagia itu, namun dengan kerja keras, tak pernah menyerah dalam usaha selalu mencari celah dan yakinlah semua itu pasti akan ada jalan keluarnya. Tak perlu mengeluh apa yang terjadi saat ini, bagaimanapun situasi kita saat ini, tetaplah melangkah dengan hati yang tenang dan temukan jawaban disetiap waktu yang kau lewati dengan diri yang terbuka dan pandai bersyukur dalam bentuk apapun terhadap nikmat yang diberikan oleh sang pencipta.

Mungkin masa muda memang sulit untuk kita mendapatkan bahagia yang ingin dirasa hadir dalam waktu, namun jangan risaukan itu semua, pastikan semua akan baik-baik saja, yang penting masa mudamu kau penuhi dengan usaha dan kegiatan yang dapat memopang bahagia yang dapat kita nikmati nanti di masa tua. Jangan kau anggap melakukan sesuatu yang kecil tak ada manfaatnya dihari ini, tak ada gunanya dilakukan, namun seiring waktu berjalan hal yang kita anggap sepele itu nanti dapat membantu anda dimasa tua. Tentu juga, kita tak mau rasanya apa yang kita rasakan begitu sulit dimasa muda ini terus bergulir dimasa tua nanti. Dimana kita harus tetap bekerja keras padahal kita sudah tak mampu lagi bergerak lincah seperti saat ini, kita masih saja sibuk dengan urusan ini dan itu padahal seharusya masa tua kita sudah saatnya kita memikirkan yang lebih penting daripada itu semua yaitu mendekatkan diri kepada sang pencipta untuk bekal diakhirat nanti.

Jika semua terus seperti itu, kau tak pernah mengubah persepsi pemikiranmu jika sebuah program kesejahteraan hidup seperti Jaminan Hari Tua dan juga Jaminan Pensiun tersebut tidak ada gunanya saat ini, maka mulailah menyikapinya dengan baik dan ubahlah persepsi pemikirkan burukmu tentang itu semua agar tidak menjadi beban dan penyesalan di masa tua anda nanti. Untuk itulah mulai saat ini, kita harus mulai beranjak pergi dari situasi sulit itu untuk dapat menemukan apa yang dapat kita lakukan agar bahagia tercipta dimasa tua nanti. Agar tidak menjadi kendala maka kita perlu menelusuri fase demi fase adanya kita dalam waktu dimuka bumi ini, dan tak bisa pungkiri lagi jika waktu yang paling lama yang akan kita rasakan adalah masa tua kita nanti.

Sementara masa anak-anak hingga tumbuh menjadi dewasa hanyalah sesaat saja untuk kita rasakan. Kenapa masa muda begitu cepat berlalu?, Jawabannya adalah karena kita terlalu sibuk dengan aktivitas kita sehari-hari dengan kondisi kesehatan yang masih segar bugar, tanpa beban yang tak terlalu berat sehingga kita terlena dan terhanyut didalamnya. Terlalu menikmati masa muda dengan kondisi kesehatan yang masih oke punya, memang kadang kita lupa jika umur kita saat ini telah mendekati masa tua dan pensiun bekerja. Tentunya tak ingin rasanya masa tua dan pensiun anda terasa berat untuk dilalui nanti dimana anda harus tetap bekerja seperti saat ini, sementara kesehatan anda tak lagi mampu menahan lelah, mata tak lagi mampu meliaht dengan jelas, kaki tak lagi mampu melangkah jauh dan masalah lain dimana masa tua tentunya banyak masalah kesehatan yang akan datang nantinya.

Jika melihat kondisi seperti itu, maka kita tidak akan menghabiskan masa muda ini untuk hal yang tak ada manfaatnya, hal yang hanya akan menambah penderitaan anda nanti ketika masa tua meyelimuti ruang kehidupan anda. Untuk itu, mulai saat ini, jangan terlalu berleha-leha dengan waktu muda anda saat ini, pikirkan masa tua anda jika ingin masa itu anda bisa merasakan kehidupan dengan tenang tanpa harus menjalani kehidupan seperti saat ini dimana setiap haris harus banting tulang mencari nafkah. Lalu bagaimana anda bisa menikmati masa tua nanti dengan baik dan bahagia?, Jawabannya adalah anda dapat memanfaatkan sebagian penghasilan anda untuk mengikuti program kesejahteraan untuk Jaminan Pensiun ketika anda berhenti bekerja nanti dan juga Jaminan Hari Tua yang harus anda rencanakan mulai saat ini. Lalu bagaimana anda bisa memulainya untuk persiapan bekal dimasa tua nanti?, Jawabannya yang dapat penulis berikan dalam tulisan di Blogdetik ini bisa membantu anda menemukan jawabannya.

Sumber gambar Kartu BPJS : BPJS Ketenagakerjaan

Jawaban yang ingin penulis berikan untuk anda semua adalah dengan mengikuti Program dari BPJS ini. Apa itu BPJS?, BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang mengedepankan kesejahteraan untuk masyarakat Indonesia. Sebelumnya, BPJS ini bernama Jamsostek, Namun pada Tahun 2011, berdasarkan Undang-Undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sesuai dengan amanat undang-undang, tanggal 1 Januri 2014 PT Jamsostek, maka berubah nama menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dengan program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan pada tangggal 1 Juli 2015, BPJS menambah program Jaminan Pensiun. Dari program yang dimiliki oleh BPJS ini, tentunya bukan saja dapat dinikmati oleh pekerja dan pengusaha saja, namun saat ini BPJS bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan mendaftarkan diri ke Kantor BPJS terdekat.

Dari beberapa program yang ditawarkan oleh BPJS tersebut, Maka program yang sangat mengikat dengan kondisi anda saat ini dimana dari mayoritas masyarakat indonesia yaitu pekerja adalah program Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua. Program ini tentunya sangat berguna ketika anda tak lagi bekerja karena PHK, pensiun dini atau karena anda sudah tak mampu lagi untuk bekerja karena usia anda sudah menginjak umur 50-an, maka dana yang anda tanamkan selama anda muda di BPJS ini dapat membantu anda dalam melewati masa itu nantinya. Lalu bagaimana jika saat ini anda sudah bergabung dengan BPJS, Suatu hari nanti anda ingin mencairkan uang anda tersebut, berikut persyaratan secara garis besar yang dapat anda persiapkan sebelum mengajukan pencarian ke BPJS :

Sumber Gambar : Ilustrasi Pengajuan Pencairan Di Kantor BPJS

• Kartu kepesertaan BPJS Ketenaga Kerjaan asli

• KTP/SIM Fotocopy

• Surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan atau dari Penetapan Pengadilan Hubungan Industrial.

• KartuKeluarga KK asli dan fotocopy.

• Surat Keterangan Dokter/Rumah Sakit (Musibah yang Minimpa seperti cacat).

• Surat Pernyataan tidak bekerja lagi di Indonesia Jika anda Pindah Keluar Negeri dengan melampirkan paspor dan VISA.

• Surat Kematian dari Rumah Sakit, Kepolisian atau Kantor Kelurahan Jika meninggal dunia.

• Surat pengalaman kerja/keterangan berhenti bekerja dari perusahaan jika anda pensiun.

• Surat pernyataan belum mendapatkan pekerjaan lagi jika anda masih mengangggur dalam waktu yang cukup lama.

• Waktu pencairan selambat-lambatnya dalam kurun waktu 30 hari sejak anda menyerahkan dokumen yang diperlukan atau diminta oleh pihak BPJS.

• Persyaratan diatas bisa saja berubah dan bertambah seiring waktu berjalan sesuai dengan Kebijakan dari BPJS.

Bagiku, BPJS ini tempat aku bisa menanam dimasa muda ini, dimana ditempat aku bekerja di PT. Mora Telematika Indonesia ini telah menggunakan jasa dari BPJS ini untuk kesejahteraan karyawannya dengan menyisihkan sebagian dari gaji karyawannya untuk mengikuti program baik dari BPJS ini yaitu program Jaminan Pensiun, jaminan kesehatan, jaminan kematian dan juga Jaminan Hari Tua. Tak terasa sudah beberapa tahun aku bekerja disana, Alhamdulillah atas nama Maskun Sofwan saldo yang tertera di BPJS sudah bisa dilihat dengan hati yang bahagia dan ketika aku pensiun nanti berharap saldo yang ada di BPJS ini dapat aku cairkan untuk dapat membantu masa sulit nanti dimasa yang akan datang. BPJS ini juga tempatku menabung sedikit demi sedikit tanpa terasa aku telah memiliki modal untuk masa depan nanti.

Begitu juga dengan anda pastinya, Tak ingin rasanya beraktivitas sehari-hari tanpa menyisihkan sebagian dari pendapatan anda untuk mengikuti program dari BPJS ini hingga anda tak memliki Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua nantinya. Perlu anda ingat, walaupun dimasa muda anda begitu yakin jika masa tua anda akan bahagia sehingga anda terlena dan lupa untuk menanam sedikit demi sedikit pendapatan anda seperti mengikuti program BPJS ini. Tiba waktunya, rasa sesal menyesali mungkin akan terasa karena kita tahu bekerja itu tak selamanya kita bisa lakukan dan bisa terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Menindaklanjuti perihal itu, dengan mengikuti program dari BPJS ini, maka anda akan merasakan manfaatnya nanti.

Oh ya Bagi Anda pengguna jasa dari BPJSTK ini dimana telah tercipta sebauh aplikasi Mobile dari BPJS untuk mempermudah dalam mengecek berbagai program dari BPJSK anda dalam satu genggaman saja dan dimana saja anda berada dan tak perlu ribet anda pergi kentor BPJS lagi. Apa itu BPJS Mobile, BPJSTK Mobile adalah Aplikasi pelayanan untuk peserta sebagai bentuk perluasan media layanan informasi Program BPJS Ketenagakerjaan agar dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Aplikasi akan terus di kembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta BPJS Ketenagakerjaan mempermudah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan program pelayanan yang selalu hadir di perangkat smartphone. BPJSTK Mobile juga berfungsi bagi pengguna aplikasi sebagai sarana layanan pengaduan atas ketidaksesuaian status kepesertaan, jumlah upah dan jumlah karyawan. Berikut Fitur aplikasi BPJSTK Mobile :

• Pendaftaran menggunakan Data kependudukan

• Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) secara Online cepat dan akurat

• Simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT)

• Informasi Program • Informasi Kantor Cabang

• Informasi Pusat layanan dan Sosial Media

• Layanan Pengaduan Download BPJSTK Mobile Di Sini :

Jadi, selagi anda masih muda, maka tanamlah niat dalam hati untuk memanfaatkan program yang ditawarkan oleh BPJS ini terutama program Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua agar masa tuamu dapat kau nikmati dengan senyum bahagia. Bersama BPJS, hari ini anda menanam, masa mendatang anda dapat menuai bahagia bersama keluarga tercinta pastinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sukses selalu untuk BPJS agar dapat terus bekerja untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia secara menyeluruh dengan Program-program Kesejahteraan yang selalu berinovasi pastinya. Terima kasih.

“Bersama BPJS, Masa Muda Menanam, Menuai #BahagiaDiHariTua”


TAGS   lifestyle / pensiun /


Comment

Hot Posting

Hot Comment