Cherumu.com

Selamat Jalan Kyai Haji Ahmad Hasyim Muzadi

16 Mar 2017 - 08:42 WIB
Peristiwa /   Maschun Sofwan 0 Comments

Kyai Haji Ahmad Hasyim Muzadi lahir di Tuban, Jawa Timur, 8 Agustus 1944. Kyai Haji Ahmad Hasyim Muzadi adalah seorang tokoh Islam Indonesia dan mantan ketua umum Nahdlatul Ulama yang menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015. KH Hasyim Muzadi meninggal di Malang pada hari kamis 16 Maret 2017 pada usia 72 tahun dunia sekitar pukul 06.15 WIB di kediamannya, Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Jawa Timur. Hasyim meninggal setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, akibat sakit yang dideritanya.

KH Hasyim Muzadi memang dikenal sebagai tokoh PB Nahdlatul Ulama. Pendiri pesantren Al Hikam di Malang dan Depok ini kemudian dipilih menjadi Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama pada periode 1999-2004. Setelah itu, Hasyim Muzadi sempat terjun ke perpolitikan nasional dengan menjadi calon wakil presiden pada Pemilu 2004. Ketika itu, Hasyim mendampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang maju sebagai calon presiden. Pasangan Mega-Hasyim sempat maju ke putaran kedua pada Pilpres 2004. Namun, pada putaran kedua pasangan Mega-Hasyim dikalahkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla kala itu.

Sementara di era pemerintahan Presiden Joko Widodo, Hasyim kemudian ditunjuk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Rencananya, anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu akan diterbangkan ke Pondok Pesantren Al Hikam 2 yang ada di Depok, Jawa Barat dan akan dimakamkan di sana. Semoga segala amal ibadahmu diterima oleh Allah SWT dan ditempat disisiNYA ditempat yang indah,amin.


TAGS   peristiwa /