Cherumu.com

Sosok Kartini Yang Hilang

21 Apr 2017 - 18:10 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Sosok Kartini tentunya sangat melekat pada wanita Indonesia karena R.A Kartini merupakan seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada zaman penjajahan ditanah air ini karena pada zaman penjajahan tersebut kaum wanita sering menjadi pelampiasan dan dianggap hanya diperlukan untuk didapur saja tanpa ada celah untuk memiliki masa depan, sekolah, dan mengembangkan karirnya ke dunia luar. Dengan hadirnya Kartini, tentunya angin segar untuk kemajuan kaum wanita sehingga dia mampu mengangkat martabat kaum wanita di tanah air hingga dunia luar.

Wanita tak lagi memahami arti penting perannya dalam keluarga bahkan pada era saat ini, wanita lebih banyak berperan dalam mengatur rumah tangga sehingga timbuk kecemburuan pada kaum lelaki atas tindak yang menyalahkan peran seorang wanita yang sesungguhnya dalam rumah tangga. Namun setelah kemerdekaan hingga masa berganti masa, dimana kaum wanita memiliki peluang yang sama dalam meraih mimpi dan masa depan dengan kaum lelaki bahkan dunai saat ini justru terbalik dimana peran kaum wanita lebih aktif daripada kaum pria yang menjadi tulang punggung rumah tangga sehingga menimbulkan peran yang salah dalam kodrat kaum wanita yang sesungguhnya seperti apa yang ditunjukan dan dibangun oleh Kartini sebenarnya.

Dengan adanya peringatan Hari Kartini ini berharap kepada wanita Indonesia agar tidak berperan menyalahkan aturan sebagai wanita yang diinginkan leh Kartini dan bagi kaum pria dapat menjadi pembimbing yang baik ketika si wanita telah melebih aturan yang telah ditetapkan sebagaimana perannya dalam mendampingi kehidupan didunia ini. selamat hari Kartini 21 April 2017.


TAGS   OPINI /