CHERUMU.COM

Jelang HARDIKNAS, Sudahkah Pendidikan Di Tanah Air Telah Mendidik?

28 Apr 2017 - 08:31 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya, Indonesia selalu memperingati sebagai Hari bangkitnya Pendidikan Nasional dan peringatan itu juga sebagai salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan atas lahirnya pejuang pendidikan di Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara yang telah berjasa untuk memajukan pendidikan ada ditanah air tercinta ini hingga saat ini terus berkembang. Pada tahun ini, peringatan Hari pendidikan Nasional mengusung tema yaitu “Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas” sebagaimana pada tahun sebelumnya selalu ada tema yang diangkat agar pendidikan di tanah air berkembang dan terus berupaya untuk memberikan yang berkualitas dan terbaik bagi pemuda pemudi indonesia yang merupakan harapan bangsa negeri ini.

Jika melihat detik perkembangan hingga saat ini tentunya masih banyak hal yang harus dibangun dan harus diperhatikan dalam memberikan pendidikan yang menyeluruh ketanah air karena kita tahu masih banyak anak-anak yang tidak bisa sekolah karena terkendala akses tempat pendidikan yang terlalu sulit dijangkau, biaya yang terlalu tinggi untuk dibayar dan berbagai hal lainnya yang membuat mereka tak bisa mengeyam pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan.

Belum lagi fasilitas yang kurang memadai, hingga berbagai permasalahan tenaga guru, pengajar yang masih menjadi kendala dalam memberikan pelajaran ke para pelajar ditanah air ini sehingga mereka tidak mendapatkan ilmu yang baik untuk masa depan mereka. Belum lagi masalah kekerasan yang sering terjadi disekolah, diluar sekolah yang terlalu terlihat jelas dari para pemuda pemudi sehingga perlu ditanamkan pelajaran yang khusus agar mental dan akhlak yang baik dapat merasuki hati dan jiwa mereka untuk menjadi anak yang berbakti, baik itu kepada orang tua dan negeri ini.

Berbagai pembenahan tentunya harus dan wajib dilakukan pemerintah untuk menunjang terbentuk pendidikan yang aman, nyaman, memberikan dampak yang positif bagi perkemabangan pendidikan di tanah air ini sehingga terlaksana cita-cita para pendiri negeri ini untuk dapat melihat kondisi para penerus bangsa ini dengan dibekali ilmu yang berguna dan bermanfaat untuk bisa mengendalikan bangsa ini kelak. Semoga saja pemerintah terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan di Indonesia ini sehingga terlaksana sesuai dengan tema yang diusungkan pada tahun ini. Selamat Hari Pendidikan Nasional, majulah pendidikan Indonesia. Terima kasih.


TAGS   OPINI /