Cherumu.com

Jadilah Pelangi, Berbeda Warna Tapi Tetap Satu Dalam Keindahan

15 May 2017 - 12:55 WIB
OPINI / pendidikan /   Maschun Sofwan 0 Comments

Bangga menjadi bangsa indonesia ini harus mutlak karena bangsa Kita tercinta ini memiliki beragam kekayaan, mulai dari kekayaan alamnya, budaya, adat istiadat, bahasa, Agama dan juga suku yang menyebar diseluruh nusantara ini sehingga tanah air kita tercinta ini memiliki daya pikat tersendiri bagi dunia luar dan tak heran jika dimasa lampau begitu banyak dari mereka yang ingin menguasai tanah air kita tercinta ini karena ingin merampas kekayaan tersebut dari pertiwi ini. Indonesia itu indah yang Tuhan ciptakan seperti pelangi, Indah dilihat mata dalam kesatuan warna yang berbeda namun tetap satu dalama kesatuan yang kuat dan tak saling menggugat warna itu lebih bagus atau tidak karena setiap warna yang ada saling memberi, saling berbagi, saling mengisi dan saling melengkapi sehingga terbentuk panorama yang menarik hati untuk tetap berada dalam kesatuan rasa, satu bahasa, satu bangsa yang berdiri diatas Bhinneka Tunggal Ika.

Namun saat ini warna pelangi itu semakin memudar bahkan hampir tak terlihat dalam negeri ini karena berbagai konflik terjadi dengan dasar keinginanan pribadi dan golongan ingin menguasai negeri. Mereka tak pernah mau peduli lagi dengan apa yang telah dititipkan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia untuk tetap bersatu dalam keadaan apapun yang terjadi dalam negeri ini. Para pejuang kemerdekaan indonesia selalu berpesan agar kita bangsa Indonesia tidak berpecah belah hanya karena ingin menjadi pemimpin dalam negeri ini dan menghalalkan segala cara hanya untuk memecahkan belah perbedaan yang ada dalam negeri ini hingga saling musuh bermusuhan tanpa ada jera yang mengikat hati. Sadari dengan baik jika Kemerdekaan Indonesia itu tak akan pernah ada jika para pejuang kiita tak pernah mau bersatu dalam mengusir penjajah dalam negeri ini.

Kemerdekaan indonesia tercipta karena para pejuang saling bahu membahu bergotong royong dalam mengatur strategi dan berjuang secara bersama untuk mewujudkan masa depan bangsa indonesia ini sehingga menjadi merdeka seperti apa yang kita rasakan saat ini. Bukan perjuangan yang mudah pastinya dan bukan juga kemerdekaan yang ada begitu saja, bukan pula sebuah hadiah dan rasa kasihan dari para penjajah sehingga Indonesia merdeka, namun kemerdekaan indonesia itu mutlak diraih berkat kerja keras dengan jiwa bersama dari perjuangan para pahlawanan kita yang bukan saja mampu mengalahkan penjajah namun juga berhasil mengalahkan kepentingan pribadi hingga untuk merasa pahlawanan sendirian sehingga terjalin rasa kebersamaan yang tinggi dari sabang hingga marauke mereka bersatu, berjuang bersama tanpa memandang siapa kamu, dari daerah mana kamu, suku apa kamu, bahasa apa kamu, agama apa kamu dan dari kasta apa kamu. Namun mereka berbaur dalam rasa kesatuan yang kuat yaitu satu bangsa, satu bahasa, satu tujuan yaitu Masa depan Indonesia.

Jadi, Apapun yang terjadi dalam negeri saat ini, jangan jadikan itu semua biang untuk mencari alasan siapa yang benar dan siapa yang salah, siapa yang kuat dan siapa yang lemah, siapa yang memimpin dan siapa yang dipimpin dan apa agamamu dan darimana asalmu karena semua itu hanya akan menjadi kita indonesia menjadi pecah belah dari perselisihan yang akan menghancurkan bangsa kita sendiri. Siapapun kamu dan apapun kedudukanmu dalam negeri ini, bersikaplah seperti warna pelangi yang mengerti posisi masing-masing dan negeri kita ini negeri hukum dan memiliki peraturan yang harus kita taati dan harus mengerti yang salah harus bertanggungjawab dengan kesalahannya dan siapa yang benar jangan menjadikan kebenaran itu alat untuk menindas mereka yang sedang dalam masalah. Semua akan jauh lebih baik jika kita saling menghargai, saling menghormati dan tidak mengeluarkan upat caci maki dalam negeri ini tanpa berpikir jika kita semua adalah Indonesia seutuhnya bukan musuh.

Dan Jangan jadikan kedudukan yang kau miliki itu sebagai alat untuk memisahkan negeri ini dari rsa kebersamaan dan jangan biarkan dirimu terhanyut dalam rasa puas sendiri hingga tertuang dalam sifat tamakmu untuk menguasai apa yang telah ada dalam negeri ini. Jangan pula kau merampas warna-warna pelangi yang sudah menjadi utuh sejak dulu dalam negeri, jangan hilangkan warna pelangi itu jika kau memang bagian dari bangsa Indonesia tercinta ini. Sudah saatnya kita berkaca kembali kepada pelangi yang pernah menjadikan negeri ini tentram, aman dan berdaulat yang disegani bangsa lain. Bukan karena kita memiliki banyak senjata bukan pula kita negeri kita ini kaya namun mereka segani karena kita selalu bersikap baik dalam berbagai masalah yang terjadi dan memiliki rasa kesatuan yang kuat dalam setiap perbedaan yang terjadi. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   pendidikan /