CHERUMU.COM

Transportasi Umum Di Indonesia, Sudahkah Berjalan Dengan Baik?

18 May 2017 - 08:36 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Segala Sarana dan Prasana umum diciptakan oleh pemerintah dalam sebuah negera sudah pasti memiliki tujuan yang baik sehingga dengan adanya sarana prasana umum tersebut, rakyat dapat merasakan kepedulian pemerintah kepada rakyatnya sehingga dapat memopang dan bermanfaat meringankan beban mereka. Termasuk di Indonesia pastinya, dimana sarana dan prasana umum sangat membantu masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari baik itu untuk bekerja, berbisnis dan kegiatan lainnya. Sarana dan prasana umum tentunya sudah banyak sekali memberi manfaat kepada masyarakat, namun apakah sarana dan prasana tersebut telah layak dikatakan memuaskan dan berjalan dengan baik? atau belum?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya perlu kita telususri dengan seksama mengenai hal tersebut agar tidak menjadi permasalahan yang akut untuk diperdebatkan.

Jika melihat kondisi transportasi umum yang ada di negeri ini mulai dari angkutan umum, bus umum, kereta api dan transportasi lainnya hingga saat ini tentunya sudah berjalan sebagaimana mestinay dan terus berkembang dengan pesat dapat memberi pelayanan kepada masyarakat dalam negeri ini. Tapi, Jika melihat keadaan yang terjadi dari berbagai daerah, tentunya transportasi umum di Indonesia belumlah berjalan dengan maksimal, dimana angkutan umum masih belum tertata dengan rapi, mulai dari pelayanannya, ongkos, terminal, kenyaman dan kelayakan yang ada pada transportasi umum tersebut.

Belum lagi begitu sering kejahatan terjadi seperti pelecehan seksual, perampokan, pencopetan dan tindakan krimal lainnya yang begitu sering terjadi di transportasi umum. Adanya transportasi umum ini tentunya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakatnya, namun dari masyarakatnya sendiri juga kadang tidak sadar dengan hal tersebut sehingga kadang mereka tidak menjaga transportasi dengan baik, kebersihan dalam transportasi umum, tidak menjaga kenyamanan dalam tranportasi umum dan sering tidak menjaga sikap ketika berada dalam berada di transportasi umum sehingga terjadi sesuatu yang sangat tidak diinginkan dan sangat disayangkan jika tidak dipelihara dengan baik.

Seperti di Kota Jakarta ini, kendaraan umum sangatlah banyak, namun penataannya belumlah berjalan dengan baik dan transportasi umum pun belumlah layak dikatakan angkutan umum perkotaan karena sering sekali memberikan efek buruk kepada penumpang sehingg Banyak penumpang yang berkeluh kesah untuk menggunakan jasa angkutan umum, mulai dari ugal-uglan untuk para sopirnya, menurunkan penumpang sembrangan tempat padahal sudah disediakan halted an terminal dan sulitnya memberi pengertian yang baik kepada pada supir yang begitu bendel menggunakan jasa umum dengan tidak sewajarnya yang akan membayakan keselamatan para penumpangnya.

Dari segi pelayanannya juga belumlah berjalan dengan karena berbagai kendala sering terjadi sehingga membuat banyak penumpang terlantar menunggu transportasi umum terlalu lama padahal transportasi umum diadakan untuk memberikan kemudahan untuk masyarakat bukan untuk membuat semakin sulit sehingga tak bisa dielakan lagi jika masyarakat lebih baik menggunakan kendaraan pribadi yang berefek buruk terhadap jalan raya yang akan bertambah kendaraan yang melintas sehingga menimbulkan kemacetan dimana-dimana.

Jika ingin transportasi berjalan dengan baik, maka harus memiliki kesadaran yang baik pula secara menyeluruh, mulai dari penyedia jasa transportasi umum tersebut dan juga pemakai jasa transportasi tersebut. Harus saling menjaga dan memberi solusi yang baik dan pemerintah juga harus turun tangan jika keadaan tranportasi umum belum berjalan dengan baik dengan cara penataan berkala agar apa yang kurang dan apa yang sedang dipermasalahkan segera diatasi dengan baik dan transportasi umum dapat digunakan dengan baik, nyaman dan aman bagi masyarakat luas untuk menjalankan aktivitas mereka sehari-hari. Semoga saja transportasi di indonesia terus berkembang dan memberi yang terbaik bagi masyarakat agar bisa menggunakan tranportasi umum ini dengan baik pula. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   OPINI /


Hot Posting

Hot Comment