Cherumu.com

Ramadhan Itu Bukan Sekedar Puasa

29 May 2017 - 08:13 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Bulan suci Ramadhan penuh berkah telah datang ditengah kita semua dan bagi umat muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan. Seiring hadirnya Ramadhan ini juga berharap agar negeri ini dapat tentram, dan damai selalu dalam menjunjung tinggi nilai kebersamaan dalam ikatan persatuan dan kesatuan. Jika melihat pengertian secara umum dari arti berpuasa di bulan ramadhan tersebut berarti menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun arti dibalik bulan Suci Ramadhan itu bukan sekedar puasa saja namun arti Ramadhan untuk menjalani puasa dengan seluruh jiwa dan anggota tubuh dengan sesungguh yaitu menahan segala yang dapat membatalkan dan nilai dari ibadah puasa tersebut.

Jadi bukan sekedar menahan lapar, dahaga saja yang harus ditanggung dalam waktu selama 12 jam, namun dari segala hal yang dapat mengurangi nilai ibadah puasa tersebut bahkan dapat membatalakan puasa tersebut sehingga puasa yang anda lakukan menghasilkan berkah dan pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Karena puasa ini merupakan pahala yang langsung Allah SWT berikan kepada hamba-NYA. Maka puasa ini pun rahasia dibalik rahasia dimana yang tahu orang itu berpuasa atau tidak hanya Allah SWT dan dirinya sendiri bukan orang lain. Bisa saja kau mengaku puasa dalam harimu dan di depan orang lain, namun tidak dapat kau tutupi dengan kekuasaan Allah SWT yang megetahui segala yang terjadi dalam dunia termasuk ketika dirimu berpuasa atau tidak. Puasa juga mengajarkan kita untuk tidak berkata kasar, berburuk sangka, jujur, tidak berbuat curang dan perbuat buruk lainnya yang hanya akan membuat nilai puasamu menjadi tidak berarti apa-apa dihadapan Allah SWT.

Percumakan jika kau berpuasa menahan makan dan minum seharian namun anggota tubuhmu tidak kau jaga dengan baik, maka kau hanya mendapatkan hanya rasa lapar dan dahaga saja sementara pahala yag dijanjikan Allah SWT kepada hamba-NYA itu tak kebagian untukmu. Jika kau berpuasa hanya ikut-ikutan saja tanpa mengetahui ilmunya dengan baik, maka terasa hambar kau jalani dan mungkin saja kau tak akan pernah merasakan dimana berkahnya Ramadhan tersebut.

Islam selalu mengajarkan untuk beribadah dengan ilmu agar dapat memahami dengan baik apa arti dibalik ibadah yang sedang kau jalani tersebut sehingga kau menjalaninya dengan sungguh-sungguh karena Allah SWT semata bukan karena malu sama orang, ingin dilihat orang, ingin dipuji bahkan gengsi seperti kebayakan yang terjadi dimana mereka berpuasa dirumah namun diluar sana makan dan minum sepuasnya bahkan kau tak memiliki rasa malu sedikitpun mengumbar semua itu didepan orang yang sedang berpuasa, itu lebih buruk dari pada kau tidak berpuasa. Berpuasalah dengan ilmu, begitu juga dengan ibadah lainnya karena jika kau melakukan sesuatu tanpa ada ilmu dan dasarnya, maka kau tak akan bisa melakukannya dengan baik, yang ada hanya kehampaan yang mengikat diri menjadi tak berarti apa-apa dalam hidupmu. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan selamat datang bulan suci Ramadhan penuh berkah, selamat menjalani ibadah pusa bagi anda yang menjalaninya, terima kasih.


TAGS   RAMADHAN. / OPINI /