Cherumu.com

Mengaku Indonesia, Sudah Hafal Pancasila Belum?

31 May 2017 - 07:55 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Dalam menyambut hari kelahiran Pancasila tepatnya pada tanggal 01 Juni 2017 esok, maka penulis ingin bertanya kepada diri penulis sendiri dan juga anda yang mengaku berbangsa satu bertanah air Indonesia tentang Pancasila yang merupakan lambang negera kita tercinta ini. Hal yang ingin ditanyakan kembali adalah sejauh mana kita sudah memahami arti Pancasila sebagai lambang negera kita dan sudahkah anda hafal akan poin-poin yang ada dalam batang tubuh Pancasila tersebut. Mungkin ada yang bilang hafal dan ada juga yang bilang belum hafal dan mungkin juga ada yang bilang tidak mengetahuinya sama sekali tentang apa itu pancasila dan apa makna dibalik poin-poin yang tertera di Bhinneka Tunggal Ika tersebut.

Jujur saja jika memang belum mengerti dan mengetahui apa saja poin-poin tersebut karena dibawah ini penulis akan mencantumkannya dan bisa anda hafalkan dari saat ini bagi anda yang mengaku Indonesia banget. Berikut Poin-poin yang ada di Pancasila tersebut :

Setiap Poin yang tertera di batang tubuh pancasila tersebut bukan sekedar kata dan kalimat pastinya karena mengandung makna dan nilai yang membuat negera kita menjadi satu dalam kesatuan yang kuat. Setiap poin itu juga bukan sekedar terpajang begitu saja tanpa ada tujuan karena tercipta lambing negera tersebut bukan sekedar dibuat dengan alasanya yang tak jelas, namun memiliki nilai yang sangat berharga bagi negeri ini sehingga terbentuklah sebauh bangsa yang bernama Indonesia.

Dengan tidak memahami dan mengerti tentang apa itu Pancasila bagi negeri ini sehingga saat ini terjadilah berbagai konflik yang hanya akan membuat kita semua menghilang dari rasa bersatu dalama kesatuan yang kuat, perdamaian semakin menipis dan setiap masalah yang terjadi tidak terjalani dengan musyarawah yang baik dan setiap kejadian yang terjadi tidak lagi memakai makna dari rasa kebersamaan yaitu gotong royong sebagaimana yang pernah dilakukan orang dahulu kita kita merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah negeri ini.

Jadi, Sudahkah anda mengerti, hafal dan makna dari Pancasila tersebut?, Jika belum silakan baca dan hafalkan karena berbagai buku dan dunia online tersaji untuk anda dapat menemukan apa arti sesungguhnya dari Pancasila tersebut. Semoga juga dengan peringatan Hari lahir Pancasila ini memberikan kesadaran yang aktif untuk negeri ini kembali kepada yang sebenarnya dalam kedamainan tanpa mengukir perbedaan yang hanya akan menghilangkan rasa kesatuan dalam negeri ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   PENDIDIKAN / OPINI /