Cherumu.com

Ramadhan Itu Bulan Silaturahmi, Kenapa Di Isi Dengan Kebencian

2 Jun 2017 - 08:09 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Belum memasuki seminggu umat muslim menjalani bulan Ramadhan ini, tradisi tawuran, menyalakan petasan dimana-mana tanpa kau memikirkan ketentraman selama bulan suci Ramadhan ini. Begitu banyak kejadian disudut ibukota hingga pelosok negeri, dimana kekacauan telah banyak terjadi. Entah itu tawuran diwaktu sahurlah, waktu berbukalah bahkan saat ngebaburit, para remaj begitu rentan membuat keonaran yang merusak ibadah puasa mereka sendiri. Belum lagi kekacauan yang sering terjadi dijalan-jalan raya, dimana perbuatan keji masih saja terjadi, dimana mereka yang mengaku geng motor lah, mengaku ormas ini dan itulah untuk menodai sucinya bulan ramadhan ini. Entah apa yang ada dibenak mereka, sehingga mereka merusak citra selama bulan Ramadhan ini berlangsung.

Apakah mereka puasa, apakah mereka islam dan apakah mereka mengerti apa itu bulan ramadhan sehingga mereka tak peka akan arti dibalik bulan suci nan penuh berkah ini. Kekacauan yang mereka buat bukan saja meresahkan penduduk setempat, namun berbagai kalangan juga ikut resah akan ulah mereka. Kenapa harus seperti itu, masalah apalagi yang kau buat sehingga begitu ingin merusak persaudaran dan kebersamaan dalam jalinan silaturahmi selama bulan ini buyar. Jika memang kau ingin berbuat buruk seperti itu, jangan di negeri ini.

Jika kau ingin berbuat kekacauan, jangan dalam negeri ini karena negeri ini negeri yang damai bukan tempat kau berbuat seenaknya yang hanya akan membuat kedamaian dan ketentraman kita menjadi menghilang ditelah emosi sehingga diantara kita saling tuduh menuduh dan saling meghujat untuk mencari kambing hitam dibalik kekacauan yang terjadi. Bulan Ramadhan bukan tempat untuk membuat keburukan namun bulan Ramadhan untuk menuai pahala. Bukankah orang islam juga, bukankah beragama islam juga, kenapa kau merusak agamamu sendiri, kenapa kau merusak berkahnya bulan Ramadhan ini dengan berbuat sesuatu yang buruk didalamnya. Berhentilah melakukan sesuatu yang hanya akan membuat kekacauan dalam negeri ini dan jadikan bulan ramadhan ini bulan untuk menjalin silaturahmi bukan membaut keonaran semata. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   OPINI /