Cherumu.com

Datang Ke Jakarta Demi Gengsi, Jangan!

12 Jul 2017 - 11:54 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Biasanya atau luar biasanya paska habis lebaran idul fitri, banyak orang berbondong-bondong datang ke kota-kota besar khususnya kota Jakarta ini dengan beribu dalih,  entah itu untuk bekerjalah, untuk sekolah, untuk itulah dan untuk inilah.

Tentunya tidak ada yang melarang pastinya karena hidup adalah pilihan dan siapapun berhak menentukan jalan hidupnya dan mau berada dimana saja yang dia sukai. Namun terkadang orang yang datang ke jakarta ini tidak memiliki tujuan yang jelas sehingga membuatnya terkatung-katung ditengah ombak kerasnya ibukota.

Hanya demi gengsi agar terpandang dikampung halamannya lalu dia merantau ke jakarta ini. Hanya demi angan-angan yang dilihat ditelevisi jika hidup di jakarta itu enak dan hanya karena tergiur hidup yang sukses sehingga dia lupa jika hidup di kota besar tak semudah hidup dikampung.

Dengan berbagai polemik itu semua, pergilah ia ke kota Jakarta ini dengan gagah berani dan modal nekat ataupun modal orang tua. Alhasil mereka tercenggang ketika kota jakarta itu seperti kota monster dimana jika kau lenggah maka kau akan terdampar dalam kerasnya ibukota.

Jika hidup dikampung masih bisa menemukan kopi gratis bila main ke rumah orang namun di Jkarta semuanya bayar dan serba bayar dann jika kau tak berkantong tebal maka tak akan bertahan lama, bisa bertahan paling-paling kau menjadi sampah masyarakat kota jakarta.

Nah, jaga gengsi boleh namun jangan gadaikan masa depan dan hidup anda karena jika itu terjadi, maka kau tak akan mendapatkan apa-apa dalam hidup ini. Semua tergantung anda, semua anda yang putuskan dan hidup milik anda. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan siapa suruh datang ke Jakarta!, terima kasih.


TAGS   Opini /