Cherumu.com

Idul Adha : Berqurbanlah Bukan Berkorban Saja

30 Aug 2017 - 13:20 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Dalam menyambut hari raya Idul Adha 1438 H ini dan hari raya ini identik dengan berqurban dan tak heran jika banyak sekali hewan qurban yang dijual. Namun apa itu berqurban dalam islam?. Qurban adalah kegiatan menyembelih hewan qurban yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat idul adha. Berqurban merupakan wujud rasa syukur yang ditunjukkan hanya kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan.
Lalu apa hukum qurban itu dalam islam?, Apakah wajib atau sunnah?. Menurut beberapa pendapat ulama jika hukum qurban dalam islam itu wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan bagi yang belum mampu diboleh tidak melaksanakannya.

Namun sebagai umat muslim terutama yang memilki kelebihan dari segi materi menyisihkan sebagian harta untuk berqurban. Karena sesungguhnya banyak sekali manfaat dari berqurban yang bisa dirasakan baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Dengan Qurban, dapat menutup segala amalan buruk yang pernah diperbuat, khususnya untuk umat muslim yang rajin melakukannya. Tidak hanya itu, qurban juga dapat mempererat tali silaturahmi antar umat muslim. Dengan melakukan ritual qurban mulai dari membeli, menyembelih dan membagikan daging qurban, kita telah meningkatkan solidaritas antar umat muslim.

Namun jangan berkorban, karena jika berkorban berarti hanya mengkirbankan gengsi anda saja, pamer, ingin dipuji sehingga anda hanya berkorban harta saja sementara anda tak dapat apa-apa dari Allah SWT. hal ini begitu sering terjadi di masyarakat, dimana berqurban dia juga berqurban hanya demi nafsu pujian dunia.

Janganlah seperti itu, jika memang niatnya seperti itu lebih baik tak usah berqurban saja karena bukannya dapat pahala melainkan dapat dosa dan anda hanya korban harta bukan berqurban demi mendapatkan pujian dari Allah SWT. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   Opini /