Cherumu.com

Kenapa Di Pom Bensin Dan Pesawat Ponsel Dilarang Aktif?

30 Aug 2017 - 11:26 WIB
LIFESTYLE /   Maschun Sofwan 0 Comments

Mungkin selama ini anda yang belum mengetahui bertanya-tanya kenapa di pom bensin dan di pesawat dilarang menggunakan telepon seluler, Apakah ponsel mengganggu navigasi penerbangan? Atau ponsel menyebabkan kebakaran di pom bensin?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut beberapa hal yang mebyebabkan kenapa hal itu dilarang dan setiap ada larangan tentunya ada hal yang membahayakan.
Dari pantauan infornasi yang didapat soal penggunaan ponsel, tentunya kita sudah lama mendapat laporan mengenai adanya kejatuhan pesawat, atau kebakaran pom bensin yang bisa disebabkan karena penggunaan ponsel. Namun pernyataan tersebut sebenarnya adalah mitos atau kesalahpahaman, dan bukan kenyataan sebenarnya. Kok bisa?.

Sebenarnya bukan hal itu yang menjadi alasannya, ada alasan yang kuat mengapa kita harus mematikan ponsel ketika berada di pesawat. Dari data yang ada sekarang ini, kata para pakar, jawabannya adalah tidak, meski penelitian lanjutan terus dilakukan.

Kita selalu diminta untuk membuat ponsel ke “flight mode” atau matikan sama sekali ketika akan terbang atau mendarat. Namun, seberapa besar risikonya terhadap instrumen dalam pesawat bila kita tetap aktif menggunakan, Menurut badan industri ponsel - yaitu Australian Mobile Telecommunications Association (AMTA) risikonya sebenarnya kecil. Tidak ada bukti nyata bahwa ponsel bisa mempengaruhi sistem di dalam pesawat dari tempat duduk penumpang. Meskipun insiden berulang kali dilaporkan oleh awak pesawat, tetapi laporan yang ada tidak mengukuhkan bahwa masalah itu ada hubungannya dengan ponsel.

Penelitian yang dilakukan oleh Boeing (2000) dan Otoritas Penerbangan Federal AS (2012) juga tidak bisa mengukuhkan hubungan antara penggunaan ponsel dengan insiden pesawat yang dilaporkan.

Jika hingga saat hal itu dilarang tentunya disebabkan oleh industri penerbangan yang tidak mau mengambil resiko. “Kecil kemungkinan” tidak berarti “tidak akan terjadi sama sekali”, begitu pandangan mereka akan berdampak buruk untuk keselamatan penumpang dan itulah sebabnya sekalu diingatkan untuk mengnobakrifkan jika pesawat ingin lepas landas oleh para crew pesawat khususnya dijelaskan oleh pramugari pesawat tersebut.

Lalu, bagaimana dengan di pom bensin, apakah memang menyebabkan kebakaran atau hal lainnya?. Ternyata dampak ponsel terhadap SPBU yang sedang mengisi bahan bakar sangatlah berbahaya karena Ponsel dapat mengeluarkan frekuensi yang cukup tinggi dan jyga mengeluarkan bunga api berukuran satu mikron, atau setara dengan seper seratus milimeter.

Bukan itu saja, Ligh Emitting Diode atau disingkat LED pada ponsel berbeda dengan LED pada umumnya. LED pada ponsel dipasang telanjang sehingga bersentuhan dengan udara bebas. LED tersebut terhubung dengan tabung dari plastik sehingga filamennya terlindung. Oleh sebab itu ketika ponsel di nyalakan  akan menimbulkan pijar, pijar tersebutlah yang menimbulkan percikan api.

Jadi itulah sebabnya kenapa ponsel tidak boleh digunakan pada saat di pesawat dan di pom bensin. Semoga bermanfaat untuk anda semuanta, terima kasih.


TAGS   Lifestyle /