Cherumu.com

Piala AFF U-18 : Garuda Muda Gulung Filipina 9-0

8 Sep 2017 - 01:27 WIB
Olahraga / Sepakbola /   Maschun Sofwan 0 Comments

Setelah memenangi laga perdana melawan tuan rumah Myanmar dengan skor 2-1, Garuda Muda U-19 Indonesia tampil luar biasa di laga kedua dengan menggulung Filipina dengan kemenangan 9-0 Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, pada Kamis malam 07 September 2017. Dengan hasil ini, membuat garuda muda memimpin klasemen sementara grup B dengan poin sempurna.
Dalam perjalanan pertandingan ini, Garuda Nusantara sempat menerima ancaman terlebih dulu lewat tendangan dari jarak jauh Mariano Suba pada menit keempat babak pertama, namun beruntung, kiper Muhamad Riyandi berhasil melakukan penyelamatan cemerlang dengan menepis tendangan keras dari Suba tersebut.

Garuda muda tak tinggal diam saja, Ancaman tersebut dibalas oleh timnas U-19 lewat gol Feby Eka Putra pada menit ke-9. Gol tercipta dari luar kotak penalti, Feby melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung kiper Quincy Kammeraad dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan garuda nusantara.

Tak puas dan habis disana saja, setelah unggul 1-0 dari Filipina, timnas Indonesia makin beringas. Pada menit ke-22, giliran Egy Maulana yang mencatatkan namanya di papan skor. Pemain asal Medan tersebut mencetak gol dengan memenfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Tembakan kaki kiri Egy membuat bola bersarang ke tengah gawang Filipina, skor menjadi 2-0.

Lima menit berselang, Garuda muda kembali unggul 3-0. Gol ketiga pasukan Indra Sjafri diciptakan Muhammad Iqbal memanfaatkan umpan silang Feby Eka Putra. Timnas U-19 kemudian mendapatkan penalti pada menit ke-30. Sayang, Asnawi yang maju sebagai algojo gagal setelah bola berhasil ditepis oleh kiper Filipina.

Berselang enam menit kemudian, timnas Indonesia untuk kali kedua mendapatkan penalti. Kali ini, Egy yang maju sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola dan Iqbal untuk kali kedua mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-40. Pemain bernomor punggung 6 tersebut menjebol gawang lawan melalui eksekusi tendangan bebas. Gol tersebut menutup babak pertama untuk keunggulan timnas Indonesia 5-0 atas Filipina .

Memasuki paruh kedua, timnas U-19 berusaha menurunkan tempo serangan. Egy Maulana bermain lebih sabar dengan umpan satu-dua. Meski begitu, pasukan Indra Sjafri masih terlihat tajam dan itu jelas terlihat ketika pada menit ke-67, Feby Eka mencetak gol kedua yang membuat timnas unggul 6-0.

Feby akhirnya membukukan hat-trick pada menit ke-87. Feby mencetak gol dengan memanfaatkan Muhammad Rafli. Rafli kemudian mencetak gol lewat titik putih pada masa injury time. Indonesia mendapatkan penalti setelah Kammeraad melakukan pelanggaran dan imbasnya dia harus mendapatkan kartu merah.

Hanya berselang semenit, Rafli kembali menjadi aktor di balik gol Resky Fandi. Gol tersebut menjadi pelengkap untuk kemenangan timnas Indonesia U-19 menjadi 9-0 atas Filipina pada laga kedua ini. Selamat untuk timnas Indonesia U-19 dan tetap semangat dan kembali membawa pulang juara piala AFF U-18, Bravo sepakbola Indonesia.


TAGS   Olahraga / Sepakbola /