Cherumu.com

Keberadaan Toko Online, Mungkinkah Petaka Bagi Toko Offline?

18 Sep 2017 - 06:03 WIB
OPINI / LIFESTYLE /   Maschun Sofwan 0 Comments

Maschun.blogdetik.com - Seiring berkembangnya zaman, tentunya banyak perubahan yang terjadi didunia ini, termasuk tentang bagaimana nasib pedangang offline seperti mall dan toko lainnya yang tak lagi menjadi tempat berkumpulnya para pembeli, tak lagi menjadi tujuan para pembeli bahkan sepi peminat. Keadaan ini sepertinya terlihat jelas ketika Matahari yang dulunya menjadi tujuan dan brand terkemuka dimasyarakat harus mengakui keunggulan toko yang berlabel online saat ini.

Lihat saja dari sejumlah mall dan pusat belanja offline di jakarta, sepertinya semakin hari semakin sepi pengunjungnya karena kebanyakan dari mereka telah berpindah haluan ke toko yang serba praktis yang bermunculan dewasa ini.

Dengan menawarkan berbagai kemudahan tanpa repot, Kini seseorang tak perlu capek harus datang ke toko atau pusat perbelanjaan untuk memberi barang yang diinginkan. Berbagai barang bisa diperoleh tanpa harus beranjak dari rumah dengan maraknya berbagai situs dan toko online di Indonesia yang menyisihkan kenangan buruk terhadap toko offline.

Dengan maraknya keberadaan toko online ini membuat pergeseran dalam budaya berbelanja masyarakat Indonesia yang berdampak pada sepinya berbagai pusat perbelanjaan khususnya di ibukota Jakarta misalnya.

Tapi, apakah keberadaan toko online ini memang menjadi penyebab sepinya pengunjung toko online pada saat ini?. Entahlah, yang jelas berdasarkan pantauan dan keadaan toko offline saat ini memang tidak begitu ramai didatangi pengunjung. Pengunjung yang datang lebih banyak hanya melihat-lihat barang saja di sebuah toko atau sekedar refreshing saja, namun untuk belanja, mereka lebih memilih toko online sepertinya dan itu terlihat jelas dimana toko online saat ini panen keuntungan yang berlipat ganda.

Semoga saja keberadaan toko online ini tak membunuh tempat pembelajaan offline dan bisa bersaing secara sehat dengan inovasi baru dan saling mendukung untuk kemajuan ekonomi khususnya dalam negeri ini. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   Opini /