Cherumu.com

Harap-harap Cemas Menunggu Hasil CPNS

26 Sep 2017 - 11:09 WIB
OPINI / Peristiwa /   Maschun Sofwan 0 Comments

Untuk para pelamar CPNS tentunya sudah melewati tahap registrasi pada gelombang 2 ini dan mereka harap-harap cemas siapa saja yang berharap melangkah untuk tahap berikutnya. Perlu anda ketahui bersama jika pendaftaran CPNS gelombang 1 dan 2 sudah rampung dilaksanankan. Seperti pendaftaran CPNS gelombang 2 yang resmi ditutup pada hari Senen, 25 September 2017 dan tercatat total pelamar dari semua instansi kementerian dan lembaga terhitungan dari tanggal 11 hingga 24 september 2017 menurut data Badan Kepegawaian Negara (BKN) 24 September 2017 berjumlah lebih dari 1 juta jiwa yaitu :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sebanyak 144.779 pelamar (tersedia 300 formasi).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebanyak 123.606 pelamar (2.880 formasi).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 107.951 pelamar (1.000 formasi).

Kejaksaan Agung (Kejagung) sebanyak 59.643 pelamar (1.000 formasi).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 65.276 pelamar (393 formasi).

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) sebanyak 50 pelamar (26 formasi).

Kemenko Perekonomian sebanyak 287 pelamar (25 formasi).

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) sebanyak 743 pelamar (10 formasi).

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebanyak 1.153 pelamar (40 formasi).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebanyak 1.183 pelamar (91 formasi).

Dengan total pelamar CPNS mencapai angka 1 juta lebih dan digabungkan dengan tahap pertama berarti mencapai angka 2 jutaan jiwa yang melamar untuk menjadi pengabdi negara ini. Dengan tingginya peminat yang terlihat jelas dari jumlah pelamar, tentunya peluang semakin tipis dan tentunya mendebarkan hati untuk bisa lulus hingga tahap akhir untuk menjadi PNS.

Jika lulus, maka anda berhak memikul jabatan abdi negara dengan tanggungjawab yang tak semudah yang kau bayangkan pastinya karena bukan saja bertanggungjawab atas negara Kesatuan Relublik Indonesia ini namun kepada Tuhan yang kuasa juga itu lebih berat karena menjadi abdi negara itu banyak godaannya dan telah banyak dari mereka tergiur kemewahan dunia sehingga melakukan hal yang bertentangan dengan jabatan dan juga hukum yang berlaku.

Namun apapun itu, PNS adalah tujuan banyak orang di Indonesia dan telah menjadi pekerjaan yang diimpikan dan terhitung sejak beberapa tahun belakangan ini PNS menjadi pekerjaan yang menggoda untuk dilamar, bukan saja soal gengsi namun gaji dan masa depan yang dijamin oleh negara.

Harap-harap cemas pastinya untuk melewati tahap demi tahap tes CPNS ini dan jika anda beruntung dan bernasib baik, mungkin anda akan lulus dan jika belum beruntung mungkin belum rejeki dan jangan menjadikan alasan untuk kau menyerah untuk mencari kerja yang lain karena PNS bukanlah penghancur masa depan anda. Semoga yang ikut CPNS mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dan selamat untuk yang lulus dan sabar jabgan putus asa bagi yang belum lulus. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.


TAGS   Peristiwa /