Cherumu.com

Hari Batik Nasional 2017 : Sudah Pakai Batik Belum Hari Ini?

2 Oct 2017 - 10:36 WIB
Peristiwa / Pendidikan /   Maschun Sofwan 0 Comments

Pada hari ini tepatnya 02 Oktober merupakan hari peringatan untuk mahakarya budaya bangsa yaitu Kain Batik. Perkembangan Batik bukan saja untuk sarung semata namun hingga saat ini berbagai desainer dunia telah menciptakan busana yang meeupakan dari eloknya batik Indonesia ini dan mendapatkan perhatian khusus dari orang mancanegara tentang batik ini. Batik Indonesia bukan cima satu corak saja yang membuatnya berbeda namun batik Indonesia setiap daerah memiliki khas tersendiri untuk batiknya. Jadi tak salah jika negeri kita ini sangat kaya akan budaya seperti batik ini.
Peringatan ini sejak tahun 2009, badan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Mengutip dalam laman resmi UNICEF, batik Indonesia disebut sebagai bagian hidup orang Indonesia. Ia telah menjadi bagian dari sejak kelahiran hingga akhir hayat orang di Indonesia. Dimulai dari proses kelahiran, pernikahan, kehamilan hingga kematian, batik hadir dalam aktivitas keseharian orang Indonesia.

Atas itulah, kain batik pun dinobatkan sebagai identitas budaya masyarakat Indonesia. Kehadirannya melalui warna dan desain simbolik menjadi pengungkap kreatifitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Di media sosial seperti Twitter, ucapan Selamat Hari Batik Nasional ikut menjadi puncak percakapan pengguna jejaring sosial pada Senin, 2 Oktober 2017. Ribuan pengguna jejaring sosial menggunakan kata Selamat hari Batik Nasional dan menampilkan beragam gambar batik yang dikenakan pada peringatan ini.

Namun jangan ramai dimedsos saja, berfoto ria tanpa mengerti makna budaya batik tersebut sehingga hanya untuk selfie doang habis dicopot padahal batik merupakan budaya bangsa yang dikagumi orang luar dan kita sebagai penerus bangsa harus menjaga dan mempelajarinya agar tidak hilang atau pindah ke negeri lain. Selamat Hari Batik Nasional 2017.


TAGS   Pendidikan / Budaya /