Cherumu.com

Masa Lalu, Keadaan Yang Kadang Membuat Seseoang Susah Move On

3 Oct 2017 - 10:28 WIB
Motivasi /   Maschun Sofwan 0 Comments

Masa lalu biarlah berlalu, biarlah menjadi sebuah kenangan saja. Mungkin ucapam itu sering kita dengar dari orang-orang terdekat kita. Namun apakah mereka sudah ikhlas meninggalkan itu semua?, sudah benar-benat rela hanya menjadi sebuah kenangan?, tentunya sebagian orang bilang iya, sebagian tidak dan sebagiannya lagi penuh dengan tanda tanya.

Jika menelusuri jejak manusia dimuka bumi ini tentunya dalam hidupnya ada masanya, dari masa dalam kandungan, bayi, anak-anak hingga dewasa, lalu tua hingga kembali lagi ke tempat abadi yaitu kematian. Dari beberapa proses hidup itu tentunya ada masa lalu yang tertinggal hingga masuk ke masa saat ini kita berada.

Dari masa ke masa tersebutlah banyak hal dan kejadian yang dialami oleh manusia tersebut. Ada yang melalui masa kecilnya bahagia, ada yang tidak tergantung keadaan waktu itu. Ada yang melewati masa remaja hingga dewasa penuh dengan perjuangan, ada pula yang santai-santai saja penuh bahagia, bahkan hingga waktu tua pun terkadang cobaan datang silih berganti dan ada pula yang menikmatinya.

Dari segala yang terjadi tentunya sudah diatur oleh yang maha kuasa jalan hidup seseorang. Manusia hanya bisa menjalani, berusaha pantang menyerah, berikhtiar dan sujud kepadanya untuk mengsyukuri apa yang telah didapatkan.

Tentinya banyak yang bilang, ingin rasanya kembali ke masa lalu agar bisa memperbaiki semuanya, tentunya tidak bisa jikapun kau bisa itu tak kan berubah karena semua sudah jalan hidup seseorang yang telag digariskan oleh sang kuasa.

Nah, menelusuri masa lalu, ternyata masih banyak dari orang yang sangat sulit move on alias bangkit dari masa lalu. Apakah itu masa bahagia, apalagi duka bahkan air mata, mereka ingin kembali lagi agar hal itu bisa mereka perbaiki dan rasakan lagi.

Seperti halnya kejadian yang menimpa pahlawan revolusi Indonesia, dimana mereka menjadi korban kekejaman atas penghianatan pancasila. Hingga saat ini belum jelas siapa biang dari gerakan ini yang menewaskan 6 Jdewan jenderal dan rakyat disejumlah tanah air hingga saat ini hal itu masih tanda tanya dan menjadi perdebatan panjang yang tak ketemu titik terangnya.

Tentunya itu contoh masa lalu bangsa yang sulit dilupakan dan telah menjadi sejarah bangsa ini. Tidak perlu diperdebatkan lagi yang pada akhirnya menimbulkan kegaduhan dan kekacauan dalam negeri ini. Ada isu ini dan itulah yang membuat keadaan semakin sulit hanya karena api debdam yang tak kunjung reda.

Pahlawan revolusi yang telaj gugur dalam peristiwa itu telah tenang disana dan semoga mendapatkan tempat yang indah disisi Tuhan yang maha kuasa atas pengorbanannya untuk bangsa ini. Jangan bangkitkan lagi masa lalu yang hanya akan membuat bangsa ini sulit untuk maju.

PKI masa lalu, dan biarlah menjadi sejarah dalam bangsa ini agar penerus bangsa ini dapat belajar dari peristiwa tersebut untuk mempertahankan bangsa dari tangan-tangan yang ingin bangsa ini sehingga mereka menjadi lebih kuat.

Ulasan pendek tersebut menggambarkan jika masa lalu terkadang membuat seseorang susah bangkit, bukan karena ingin mengulanginya namun kejadian yang memilukan membuat dia selalu teringat dengan jelas sehingga rasa takut untuk melangkah selalu menghantuinya.

Tak perlu kawan, hidup didunia ini hanya sementara, siapapun mereka, siapalun kamu dan keadaan apapun yang terjadi, semua adalah tentang hidup dan semua akan kembali dan semua akan terbalas, yang buruk akan mendapatkan yang buruk dan yang baik akan mendapatkan yang baik. Jadi tak perlu mengenang sesuatu dengan rasa dendam yang memuncak, karrna semua sudah dicatat oleh Tihan yang maha kuasa, cepat atau lambat semua akan terjawab, jadi jalani hidup saat ini dengan baik, jadikan masa lalu sebagai semangat bukan untuk kau lemah.


TAGS   Motivasi /