Cherumu.com

Sudahkah Kita Menjadi Pahlawan Hari Ini?

10 Nov 2017 - 10:15 WIB
OPINI /   Maschun Sofwan 0 Comments

Setiap tanggal 10 November setiap tahunnya, Bangsa Indonesia memperingati hari bersejarah yaitu Hari Pahlawan Nasional. Peringatan ini bukan saja untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia ini, namun lebih dari itu jika kita sebagai generasi menolak menyerah untuk meneruskan cita-cita bangsa yang berdaulat, adil dan makmur.

Kemerdekaan Indonesia bukanlah sebuah hadiahyang diberikan oleh para penjajah, namun kemerdekaan Indonesia hakiki hasil perjuangan bangsa Indonesia sendiri yang melibatkan berbagai aspek mulai dari  persatuan agama, ras, suku dalam rasa satu tanah air Indonesia sehingga terbentuklah semangat yang tinggi untuk merdeka dari tangan penjajah.

Bukanlah hal yang mudah untuk melakukan itu semua, jiwa raga harus menjadi tameng untuk meraih kemerdekaan itu. Tak ada perselisihan dan pertentangan dan saling hujat menghujat satu sama lain, saat itu Bangsa Indonesia sangat padu dalam persatuan dan kesatuan demi kemerdekaan yang kini kita rasakan malah diisi dengan kekeuaturan yang tamak akan kekuasaan pribadi tanpa memikirkan apa tujuan dari kemerdekaan itu sendiri dari pahlawan.

Menelusuri perihal tersebut, tentu kita kita sangat menyadari dan bertanya pada diri kita masing-masing setelah kemerdekaan itu kita nikmati dengan buas. Sudahkah kita menjadi pahlawan untuk bangsa ini?, sudahkah kita memberikan hal yang baik kepada bangsa ini?, atau, sudahkah kita turut serta dalam membangun bangsa ini dengan hal yang bermanfaat?.

Tentu butuh kesadaran diri masing-masing untuk menjawab pertanyaan diatas, karena kebanyakan dari kita belum memahami arti merdeka yang sebenarnya, namun hanya tau jika merdeka itu bebas bertingkah seenaknya tanpa memikirkan orang lain, bangsa dan tanah air. Itulah yang menjadi tanda jika banyak dari generasi bangsa kita yang kebablasan saat ini karena merdeka bukan diisi dengan bebas berkarya tapi bebas membuat kekacauan dan kegaduhan dalam negeri ini.

Hancur sebuah bangsa bukan karena penjajah juga tapi hancurnya bangsa karena ulah mereka sendiri yang tak mau mengambil kesempatan yang baik dan.luhur ketika keadaan bisa dijadikan senjata. Semoga generasi bangsa Indonesia mampu memaknai kemerdekaan dengan mutlak dan bisa mengenal siapa pahlawan mereka dan mengtribusikan jasa dan semangat mereka untuk bangsa Indonesia tercinta ini. Selamat memperingati Hari Pahlawan Nasional 2017.


TAGS   Pendidikan /